Senin, 10 Oktober 2011

10 wanita pembawa pesan perdamaian

Perdamaian tidak dapat semata-mata dicapai tanpa dukungan kemanusiaan dan internasional. Berbagai damai telah mendedikasikan hidupnya bekerja untuk membantu bangsa dan negara terkoyak oleh kekerasan, perang, konflik, kumuh dan kelaparan. Mereka menempatkan hidup mereka beresiko untuk membantu orang lain dan membangun hubungan kekuasaan yang setara melalui resolusi konflik. Dengan demikian, artikel ini mencurahkan ruang untuk bagian atas 10 berikut pembawa damai perempuan.

1. Louise Frechette:


Louise Frechette menjabat sebagai Wakil PBB Sekretaris Jenderal. Dia juga dikenal sebagai seorang diplomat Kanada dan pelayan publik untuk perannya sebagai Menteri Pertahanan Nasional wakil antara 1995 dan 1998. Pada tahun 1989, diam-diam dia pergi ke Kuba untuk melobi dukungan Fidel Castro untuk Perang Gulph. Sepanjang tahun 2000-an, telah maju Frechette upaya pemeliharaan perdamaian Perserikatan Bangsa dengan mendorong lebih banyak perempuan untuk bergabung dan menekankan toleransi nol PBB untuk pelecehan seksual dan penyerangan. Baru-baru ini pada tahun 2006, Frechette memimpin Proyek Energi Nuklir Futures. Tujuan nya adalah untuk memperkuat pemerintahan global di bidang keamanan, keselamatan dan nonproliferasi.



2. Maria Ida Giguient


Ida Maria Giguient bekerja untuk Catholic Relief Services (CRS) dan telah mengabdikan lebih dari dua dekade untuk membawa perdamaian ke Mindanao dan Timor Timur. Dalam perannya sebagai kepala dari Universitas Notre Dame Pusat Pendidikan Perdamaian di Cotabato City, ia memulai pembicaraan antara pemerintah Filipina dan Front Pembebasan Islam Moro dan Moro National Liberation faksi kelompok depan. Selanjutnya, ia berhasil menyusun agenda perdamaian untuk Lumad, kelompok pribumi di Mindanao pada tahun 1998. Hari ini dia terus berupaya membangun perdamaian dan kedamaian nya dengan berbagai kelompok pelatihan internasional dalam kekerasan berkurang.



3. Condoleeza Rice:


Condoleeza Rice adalah seorang diplomat Amerika dan politisi. Dia menjabat sebagai Penasihat Keamanan Nasional untuk George W. Bush antara 2001 dan 2005 dan sebagai Sekretaris Amerika Serikat 'Negara antara 2005 dan 2009. Sepanjang masa jabatannya sebagai Sekretaris Negara, Rice difokuskan pada diplomasi transformasional yang berusaha untuk memperluas, membangun dan mempertahankan pemerintahan demokratis, terutama di Timur Tengah. Dia paling populer mendukung Israel dalam perangnya melawan terorisme selama Perang Lebanon pada tahun 2006 dan Jalur Gaza Perang melawan terorisme Hamas di 2009 2008/early terlambat.



4. Aung San Suu Kyi


Aung San Suu Kyi merupakan oposisi Birma politisi dan mantan Sekretaris Jenderal dari Liga Nasional untuk Demokrasi. Pada tahun 1988, dia mendukung massa dalam perselisihan mereka untuk demokrasi dan reformasi setelah Jenderal Ne Win mengundurkan diri. Ketika Junta militer melangkah masuk, ia terus berjuang untuk hak asasi manusia dan kesetaraan. Keyakinan inti nya berakar pada aturan hukum, yang kurang Burma. Dia akan menjadi pemimpin Burma baru pada tahun 1990, jika junta militer tidak membatalkan hasil dan tempat di bawah tahanan rumah. Pada tahun 2010 ia dibebaskan setelah 15 tahun tahanan rumah.



5. Ibu Teresa:


Ibu Teresa adalah pendiri Misionaris Cinta Kasih di Calcutta. Sebagai pembawa damai, dia bekerja untuk membantu, miskin sekarat, orang sakit dan yatim. Dia mendirikan sekolah-sekolah, panti asuhan dan rumah sakit untuk membantu mereka yang kurang beruntung. Ketika ia meninggal pada tahun 1997, organisasi nirlaba itu memiliki 300 anggota dan 600 misionaris + di lebih dari 100 negara. Usahanya itu tampak terlihat ketika dia menempatkan dirinya di tengah-tengah tembakan untuk menyelamatkan 37 anak di Beirut pada tahun 1982. Hal demikian tidak mengherankan bahwa ia memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1979.



6. Putri Diana:


Diana Spencer, Princess of Wales, adalah seorang pembawa damai kemanusiaan dan yang layak mendapat tempat di Top 10. Dia bekerja dengan banyak amal untuk memerangi ranjau darat kecelakaan dan bantuan mereka yang terkena AIDS. Dia terbuka dan cenderung untuk berhubungan dengan orang lain dengan mengekspresikan pengalaman sendiri dengan bunuh diri dan bulimia. Dia pernah difoto menyentuh seorang anak HIV positif tanpa khawatir tentang akibatnya. Hal ini menggambarkan Diana sebagai belas kasih dan empati individu, yang mengabdikan hidupnya untuk membantu orang lain. Memeluk seseorang terkena penyakit berjalan jauh untuk memberikan kenyamanan dan meningkatkan Kualitas Hidup seseorang.



7. Jody Williams:


Seorang pekerja guru dan bantuan, Jody Williams mendirikan Inisiatif Women Nobel bersama dengan 5 wanita lainnya yang mewakili Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Timur Tengah dan Eropa. Inisiatif ini melayani untuk membawa kedamaian, keadilan dan kesetaraan, terutama untuk wanita di seluruh dunia. Dia memainkan bagian integral dalam meratifikasi Perjanjian Ottawa pada tahun 1997 yang melarang ranjau anti-personil. Peran ini mendarat dan organisasinya Hadiah Nobel Perdamaian tahun yang sama.



8. Benazir Bhutto


Sebagai Menteri pertama dan hanya Perdana perempuan Pakistan dan dari negara mayoritas Muslim, Bhutto advokat untuk demokrasi. Selanjutnya, dia mendukung hak asasi manusia dan berdiri kuat melawan Darurat Militer dan diktator korup, Zia-ul-Haq. Dia mengutuk kebijakan teroris Taliban, perlakuan yang tidak adil terhadap perempuan di Pakistan dan membunuh kehormatan. Nya kembali dalam pemilu 2008 adalah sarana untuk harapan bagi perubahan yang positif ke negara menghadapi pertikaian politik, agama dan budaya. Dia sedih dibunuh sebelum ia sempat melakukannya.



9. Dorothy Day:


Seorang wartawan Amerika dan aktivis sosial, Dorothy Day pembawa damai lain yang pantas untuk berada di daftar 10 teratas. Dia mendirikan Gerakan Pekerja Katolik, yang membantu orang miskin dan tunawisma melalui pasifis dan non-kekerasan berarti. Dia adalah seorang penganjur anti-perang dan gerakan Hak Pilih Perempuan. Selama Perang Dunia II dan Perang Vietnam, dia mendukung perang anti-pasifis 'gerakan. Dia menggunakan doktrin perang yang adil untuk mengutuk perang, yang membawa kehancuran. Khususnya selama Perang Dunia II, ia percaya bahwa Amerika Serikat tidak berperang untuk menyelamatkan orang Yahudi dari Nazi. Dia sangat percaya bahwa jika Amerika Serikat ingin untuk menyelamatkan orang Yahudi, itu akan mengakui mereka di tahun 1939.



10. Samantha Smith:


Ini adalah surat yang berumur 10 tahun Samantha Smith dari Manchester, Utama menulis kepada Pemimpin Komunis, Yuri Andropov:

Dear Mr Andropov,

Nama saya Samantha Smith. Saya sepuluh tahun. Selamat atas pekerjaan baru Anda. Saya telah khawatir tentang Rusia dan Amerika Serikat masuk ke perang nuklir. Apakah Anda akan memilih untuk memiliki perang atau tidak? Jika Anda tidak jelaskan bagaimana Anda akan membantu untuk tidak memiliki perang. Pertanyaan ini Anda tidak perlu menjawab, tapi aku ingin tahu mengapa Anda ingin menaklukkan dunia atau setidaknya negara kita. Tuhan menciptakan dunia bagi kita untuk hidup bersama dalam damai dan tidak melawan.

Hormat kami,


Samantha Smith

Surat ini diterbitkan dalam koran Soviet, Pravda. Dia menerima respon dari Andropov pada tahun 1983. Andropov pribadi mengundang Smith ke Moskow untuk bertemu dengan dia dan menemukan kehidupan di Uni Soviet untuk dirinya sendiri. Meskipun Smith tidak bertemu dengan Andropov pribadi, ia berbicara dengan dia di telepon. Dia mengunjungi Moskow dan bertepuk tangan untuk usaha perdamaian itu. Upaya perdamaian nya dipotong pendek ketika Andropov jatuh sakit dan ketika dia meninggal tragis dalam kecelakaan pesawat dengan ayahnya pada usia 13. Dia berfungsi sebagai inspirasi bagi semua remaja yang ingin melakukan upaya mereka untuk meningkatkan Kualitas Hidup di dunia ini.

0 komentar:

Posting Komentar